Portal Web
Portal web adalah sebuah situs web atau laman di jaringan internet yang dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pengunjung atau onliner. Portal biasanya menjadi titik starting point bagi pengunjung ketika memulai aktivitas penjelajahan di internet.
Berikut adalah beberapa manfaat portal web :
Manfaat portal web bagi pengelola :
-          Mengumpulkan komunitas yang sangat bermanfaat bagi popularitas portal dan segala sesuatu yang ditampilkan pada portal.
-          Mempermudah promosi bisnis.
-          Memiliki data statik intensitas kunjungan portal web yang sangat bermanfaat bagi pemasaran space web site.
Manfaat portal web bagi pengunjung web :
-          Mudah mendapatkan informasi sesuai dengan keinginan.
-          Mendapatkan berbagai layanan online gratis dan mudah.
-          Berkumpul dengan onliner yang memiliki minat sama.
-          Mendapatkan unpdate informasi dan ilmu terus menerus pada layanan rubric.
Macam – macam jenis web yang akan di analisa :
-          http://www.isi-dps.ac.id/.
-          http://www.ukrida.ac.id/

Penggunaan dan Tujuan
Penggunaan portal web
Terdapat kotak – kotak blok yang menampilkan informasi dalam bagian - bagian tertentu dihalaman atau dengan kata lain menggunakan layout yang baik sehingga pengguna lebih mudah mengaksesnya. Kotak – kotak blok tersebut diletakkan dalam tampilan yang saling berkaitan antara waktu dan eksistensinya.
Pada halaman utama portal web terdapat banyak pilihan informasi yang dibutuhkan pengguna.
Portal web bertujuan untuk mengumpulkan masa, membangun sebuah komunitas di dunia maya dengan cara mengikat pengunjung dengan berbagai informasi dan layanan yang disediakan oleh portal tersebut.
Situs Web Akademi  yang akan dianalisa :
isi-dps.ac.id
Keberadaan ISI Denpasar tidak terlepas dari berdirinya Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar pada tahun 1967 oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat I Propinsi Bali. ISI Denpasar mulai dirintis pada tahun 1978 dengan kewenangan hanya menamatkan Sarjana Muda (BA). Sebagai sebuah Jurusan yang berdiri sendiri, secara formal baru terbentuk pada tahun 1988 ketika terjadinya perubahan status dari ASTI menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, dengan Surat Keputusan (SK) Mendikbud No. 0445/0/1988 yang dikukuhkan dengan SK Presiden No 22 th. 1992.
Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar adalah sebuah lembaga pendidikan kesenian di bawah pembinaan Direkturat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. ISI Denpasar merupakan penggabungan dari dua lembaga pendidikan tinggi seni yang ada di Denpasar yaitu Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana. ISI Denpasar didirikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia NO: 33 Tahun 2003, tertanggal 26 Mei 2003. Peresmian ISI Denpasar dilakukan oleh Mentri Pendidikan Nasional R.I. Prof. Drs. Abdul Malik Fadjar tanggal 28 Juli 2003.






Kelebihan isi-dps.ac.id :
1. Situs akses yang cepat, sehingga tidak menunggu terlalu lama.
2. Berita yang dimuat,ditulis dan mudah dipahami oleh bahasa pengunjung.
3. Mudah mengaksesnya,dan bisa dinikmati berbagai macam teknologi baik komputer maupun telpon  genggam.
4. Layout terlihat rapih dan praktis, sehingga tidak terlihat berantakan.
5. Penulisan menggunakan “Trebuchet MS” pada layout.
6. Terdapat barcode untuk pemberian informasi yang lebih melalui scan barcode pada handphone seluler.
7. Terdapat forum untuk berdiskusi.

Kekurangan isi-dps.ac.id:

1.    Iklan yang sudah diterbitkan tidak dapat dirubah
2.    Terlalu banyaknya iklan yang muncul saat mengakses akun detik.com
3.    Layout terlalu simple, sehingga terlihat monotone



Berdiri pada tanggal 20 Januari 1967 dengan nama Universitas Kristen Djaja (Ukrida), dan pada tanggal 8 Februari 1992 berubah nama menjadi Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida).
Ukrida merupakan Universitas Kristen milik GKI Sinode Wilayah Jawa Barat yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana. Arti kata KRIDA adalah berkarya, sedangkan WACANA berarti Firman (Tuhan). Universitas Kristen Krida Wacana berarti Universitas yang Berkarya bagi sang Firman (Tuhan)
Sebagai wujud pelayanan gereja, maka Ukrida berusaha menuju dan mewujudkan kehidupan sebagai lembaga yang dinamis, baik, berguna bagi masyarakat, bangsa dan gereja dengan memiliki VISI untuk "menjadi lembaga pendidikan tinggi kristen yang unggul di Indonesia". Serta didukung MISI untuk "menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas yang didasarkan pada nilai-nilai kristiani untuk menghasilkan profesional mandiri".
Ukrida bercita-cita menjadi lembaga yang mantap dan dapat memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan Bangsa, Ukrida ingin menjadi partner setiap peserta didik, menatap masa depan dengan senantiasa memperbaiki diri, memperbaiki fasilitas layanan, dan meningkatkan kapabilitas. Harapan ini dilandasi MOTO kehidupan Ukrida yaitu " Being Transformed to Win The Future ".


Kelebihan Ukrida.ac.id  :


1.      Kecepatan berita yg ditampilkan cepat, dalam memberikan informasi.
2.      Tampilan Layout menarik, tidak terlalu monotone dengan adanya penggantian gambar setiap menitnya.
3.      Pemberian berita dilakukan dengana cara pembagian sub menu. Sehingga tidak terlalu penuh pada home / tampilan awal.
4.      Terdapat UKRIDA Jobs, yang berfungsi untuk informasi lowongan pekerjawaan untuk setiap mahasiswa dan jurusannya.

Kekurangan Ukrida.ac.id :

Tidak terdapat forum pada situs tersebut. Sehingga akan menemukan kesulitan untuk melakukan diskusi.

Kesimpulan :

Pada analisa perbandingan situs akademi tersebut, saya memilih Ukrida.ac.id yang unggul pada kedua situs tersebut. Karena, Ukrida.ac.id memiliki UKRIDA Jobs, sehingga mahasiswa/i dapat tersalurkan pekerjaannya setelah lulus. Walaupun tidak tedapat forum, kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan keluhan official kontak person apabila ada masalah.  




Leave a Reply

Ada kesalahan di dalam gadget ini